Komunikasi Kebudayaan -- relevansinya dengan komunikasi massa

Komunikasi Kebudayaan

Wujud kebudayaan adalah sebagai berikut:
• Sebagai suatu komplek ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-nilai, norma, peraturan dan
sebagainya
• Kebudayaan sebagai suatu komplek aktifitas yang berpola dari manusia dalam
suatu masyarakat
• Kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia atau kebudayaan fisik,
sifatnya paling konkret tidak hanya dapat dirasakan tapi juga dapat dinilai.

Kebudayaan mengarahkan perilaku manusia. Yaitu budaya menuntutn masyarakat untuk bertingkah laku sesuai dengan adat-istiadat, serta menuntutnya jika menyimpang dari perilaku sesuai dengan harapan budaya masyarakatnya. Harapan budaya (culutre espectation) yaitu harapan masyarakat dari suatu kebudayaan para anggotanya untuk bertingkah laku sesuai dengan adat-istiadat yang berlaku.

Kebudayaan memiliki relevansi dengan komunikasi, artinya:
1. keberhasilan komunikasi banyak ditentukan oleh kemampuan komunikan membeeri makna
terhadap pesan yang diterimanya.
2. semakin besar kemampuan komunikan membeeri makna pada pesan yang diterimanya,
semakin besar pula kemungkinan komunikan memahami pesan tersebut.
3. kehadiran nilai-nilai, norma-norma, adat-istiadat serta kebiasaan dalam
pengalaman pribadis erta kebiasaan dalam pengalaman pribadi seseorang sangat
berpengaruh terhadap pengalaman seseorang mengenai suatu objek (simbol) dann hal
tersebut mempengaruhi seseorang dalam berperilaku termasuk tingkaj laku komunikasi
4. terhadap isi dan bentuk komunikasi tersebut nampak pada saat seseorang melakukan
persepsi (penafsiran makna) dan pembentukan sikap
5. nilai-nilai budaya itulah yang mempengaruhi penafsiran objek
6. hasil persepsi dan pembentukan sikap itulah yang sangat mempengaruhi patokan
dalam berkomunikasi, jika suatu kebudayaan dipersepsi positif terhadap suatu
objek maka akan ditransmisi secara positif

Sedangkan keberhasilan komunikasi sangat dipenagruhi oleh dua (hal) faktor dominan, yaitu:
a. kerangka acuan (term of reference), dimana snagat berkaitan erat dengan latar
belakang pengalaman
b. latar belakang pengalaman (field of experience), hal ini dapat berbeda antara
satu orang dengan orang lain, pengalaman yang dimaksudkan dapat berupa pengalaman
pribadi seseorang.

Sebagai individu yang hidup di dalam masyarakat, kita perlu memahami pentingnya komunikasi antaar budaya. Komunikassi antar budaya adalah derajat perbedaan latar belakang antara para peserta komunikasi, yang disebabkan karena perbedaan-perbedaan kebudayaan. Dari hal tersebut dapat dipahami bahwa jika orang-orang dengan kebudayaan yang sama umumnya memiliki homogenitas yang lebih besar dalam hal latar belakang pengalman daripada dengan masyarakat dari kebudayaan yang berlainan.
Fungsi komunikasi antar budaya dalam proses difusi inovasi dilakukan sebagai usaha mengkampanyekan penemuan-penemuan baru untuk bisa diterima masyarakat. Biasanya dalam bentuk rekayasa sosial seperti progrram KB (Keluarga Berencana) yang ditujukan untuk berbagai masyarakat dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda.
Pentingnya memahami komunikasi antar budaya yaitu manusia kini tidak hanya melakukan komunikassi dengan masyarakat dari satu kebudayaan tertentu saja tetapi dengan masyarakat luas dengan berbagai latar belakang kebudayaan baik secara langsung atau dengan menggunakan media massa. Pada saat terjadinya komunikassi tidak jarang muncul konflik dalam komunikasi sebagai akibat salah pengertiabn karena salah salam menafsirkan objek yang memiliki pusat perhatian bersama. ***001722***

1 komentar:

Anonim mengatakan...

sayangnya tidak semua memahami komunikasi budaya sebagai salah metode untuk menyelesaikan persoalan kebudayaan, termasuk persoalan politik-ekonomi.